Perpindahan Panas dan Massa Pada Spray Dryer

Teknologi spray drying sudah umum digunakan oleh industri proses pembuatan minuman serbuk. Teknologi ini memanfaatkan kemampuan semprot alat tersebut untuk mengubah bahan dasar yang berupa cairan menjadi serbuk kering. Alat untuk melakukan spray drying dinamakan spray dryer.
Proses pada spray dryer terbagi menjadi dua tahap proses yaitu proses pengeringan dan proses pemisahan powder dengan udara panas yang terbawa keluar melalui cylone. Pada saat proses tersebut akan tejadi perpindahan momentum, perpindahan massa, perpindahan energi, pola aliran, profil distribusi partikel dan panas yang timbul di dalam chamber dryer sehingga mempengaruhi dari kualitas produk yang dihasilkan.
Penelitian ini bertujuan untuk membahas proses perpindahan panas dan massa pada pembuatan kopi instan dengan menggunakan spray dryer. Suhu udara pengering adalah salah satu parameter fisik terpenting yang mempengaruhi proses perpindahan panas dan massa pada proses pengeringan. Penggunaan suhu udara pengering yang terlalu tinggi pada proses pengeringan dapat mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas produk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan variasi suhu udara pengering yang sangat berpengaruh terhadap proses pengeringan pada spray dryer.

Penulis Nely Ana Mufarida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *